Minggu, 27 Maret 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 1)

Nama Sekolah       : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran       : IPA ( fisika )
Kelas / semester   : IX / Ganjil

Standar Kompetensi                       :3. Memehami konsep Kelistrikan dan penerapannya dalam             kehidupan sehari- hari.
Kompetensi Dasar                           : 3.1. Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR :
1.     Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
2.     Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
3.     Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik
4.     Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

ALOKASI WAKTU :                     x  45 menit (          jam pelajaran)
A.     TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah melakukan diskusi informasi, melakukan pengamatan langsung diharapkan siswa dapat :
1.     Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
2.     Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
3.     Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik
4.     Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

B.     MATERI POKOK PEMBELAJARAN.
1.     Listrik Statis (www.edu2000.org/portal/index.php?option=com_content&task=view&id=293&Itemid=42)
C.     METODE PEMBELAJARAN.
a.     Diskusi informasi dengan media audio visual.
b.     Demonstrasi


D.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.     PERTEMUAN PERTAMA
a.     Kegiatan Pendahuluan
*        Moti dan apresiasi
a.     guru mendemonstrasikan sebuah garis mika yang digosokkan pada rambut kemudian di dekatkan pada potongan kertas.
b.     guru memberi motivasi pada siswa tentang pentingnya mempelajari sistem kerja alat-alat yang menggunakan prinsip kerja listrik statis.
*        Prasyarat pengetahuan 
Siswa diberi pertanyaan :
a.     apa yang dimaksud dengan atom?
b.     Apa yang dimaksud dengan partikel sub atomik?                                                                                                                                                                                                        
b.     Kegiatan Inti
*        Guru memberi informasi tentang muatan listrik beserta jenis-jenisnya.
*        Guru mengajak siswa mendiskusikan tentang hubungan antara besarnya muatan listrik dengan perbandingan jumlah partikel sub atomik.
*        Guru memberi informasi tentang cara membuat benda bisa bermuatan listrik.
*        Guru memberi informasi tentang interaksi yang terjadi antara dua benda bermuatan bila saling berdekatan.
c.     Kegiatan Penutup
*        Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan secara lisan, sebagai bentuk penilaian mandiri (self evalutation)

2.     PERTEMUAN KEDUA
a.     Kegiatan Pendahuluan
*        Moti dan apresiasi
a.     Guru menanyakan materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
*        Prasyarat pengetahuan 
a.     siswa paham tentang konsep bahwa dua benda bermuatan jika saling berdekatan akan terjadi interaksi.
b.     Kegiatan Inti
*        Guru memberi informasi tentang bunyi hukum coulomb.
*        Guru mengajak siswa mendiskusikan tentang rumus matematik yang dapat di rumuskan dari bunyi hukum coulomb. Medan listrik, potensial listrik.
*        Guru memberikan soal – soal tentang penerapan hukum coulomb.
*        Guru mengajak siswa untuk mencari contoh kejadian atau alat yang menggunakan prinsip kerja listrik statis.
c.     Kegiatan Penutup
*        Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan secara lisan, sebagai bentuk penilaian mandiri (self evalutation)

E.     SUMBER BELAJAR.
1.     Budi Purwanto dan Arinto Nugroho, IPA Ilmu Alam dan sekitarnya 3, Tiga Serangkai
2.     Program video pendidikan sekolah, Pustekom.
F.     PENILAIAN HASIL BELAJAR.
1.     Teknik penilaian
*        Tes tertulis
2.     Bentuk instrumen
*        Esay dan pilihan ganda.
3.     contoh instrumen
*        Apa yang terjadi jika sebatang kaca digosokkan pada kain sutra?
Kunci : - muatan negativ (elektron) pada kaca akan berpindah ke kain sutra sehingga kaca akan kehilangan elektron dan kelebihan proton danbermuatan positif.
Skor   : 5

*        Dua buah benda masing-masing bermuatan listrik +4 × 10–9 coulomb dan +9 × 10–9 coulomb, terpisah sejauh 2 cm. Apabila. k = 9 × 109 Nm2/C2, maka gaya tolak menolak kedua benda itu adalah ...
Kunci  : Diketahui : Q1   = 4 . 10-9 C
                                            Q2        = 9 . 10-9 C
                                             K         = 9 . 109 C
                                             r          = 2cm = 0,02 m

                     Ditanya :   Fc                    = .......?
                     Jawab .
          
               = 8,1 . 10-4 Newton                                             Skor       = 7
                                                                                                                                                                                Yogyakarta,  12 Juli 2010
                           Mengetahui                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta



                     Margono, S.Pd, MM                                                                                                                      Djiyarto, S.Pd
              NIP. 19641005 198501 1 001                                                                                                                NBM. 998048
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 2)

Nama Sekolah       : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran       : IPA ( fisika )
Kelas / semester   : IX / Ganjil

Standar Kompetensi                       :3. Memehami konsep Kelistrikan dan penerapannya dalam             kehidupan sehari- hari.
Kompetensi Dasar                           : 3.2. Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR :
1.     Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
2.     Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
3.     Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
4.     Menyelidiki  hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm)
5.     Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
6.     Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
7.     Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel

ALOKASI WAKTU :                     x  45 menit (          jam pelajaran)
A.     TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah melakukan diskusi informasi, melakukan pengamatan langsung diharapkan siswa dapat :
1.     Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
2.     Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
3.     Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
4.     Menyelidiki  hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm)
5.     Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
6.     Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
7.     Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel


B.     MATERI POKOK PEMBELAJARAN.
1.     Listrik Dinamis
C.     METODE PEMBELAJARAN.
1.     Diskusi informasi dengan media audio visual.
2.     Demonstrasi

D.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.     PERTEMUAN PERTAMA
a.     Kegiatan Pendahuluan
*        Motivasi dan Apresiasi
a.     Guru menanyakan materi sebelumnya, tentang listrik statis.
b.     Guru menanyakan tentang kenapa lampu listrik dapat menyala.
*        Prasyarat Pengetahuan
a.     pengertian tentang elektron.
b.     Kegiatan Inti
*        Guru membimbing siswa untuk mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang arus listrik dan beda potensial listrik
*        Guru memberikan informasi tentang persamaan
c.     Kegiatan Penutup
*        Guru memberikan latihan soal berkenaan dengan materi yang sudah disampaikan.
*        Guru memberikan tugas rumah (PR)

2.     . PERTEMUAN KEDUA
a.     Kegiatan Pendahuluan
*        Motivasi dan Apresiasi
a.     Guru menanyakan materi sebelumnya, tentang kuat arus listrik.
*        Prasyarat Pengetahuan
a.     pengertian tentang kuat arus dan beda potensial.
b.     Kegiatan Inti
*        Guru mendemonstrasikan percobaan sederhana tentang rangkaian listrik.
*        Guru memberikan informasi tentang persamaan
*        Guru memberikan informasi tentang rangkaian hambatan listrik secara seri dan parelel.
*        Guru menginformasikan hukum Kircoff.
*        Guru memberikan latihan soal


c.     Kegiatan Penutup
*        Guru memberikan latihan soal berkenaan dengan materi yang sudah disampaikan.
*        Guru memberikan tugas rumah (PR)
E.     SUMBER BELAJAR.
1.     Budi Purwanto dan Arinto Nugroho, IPA Ilmu Alam dan sekitarnya 3, Tiga Serangkai
2.     Program video pendidikan sekolah, Pustekom
F.     PENILAIAN HASIL BELAJAR.
1.     Teknik Penilaian
*        Tes tertulis
2.     Bentuk Instrumen
*        Esay
3.     Contoh Instrumen
*        Berapa muatan listrik yang dapat dipindahkan oleh penghantar listrik selama 2 menit jika besar arus listrik yang mengalir adalah 1,5 Ampere.
Kunci  :
                Diketahui                : t             = 2 menit = 120 detik
                                                  I             = 1,5 Ampere
                Ditanya   : Q          = .....?
                Jawab .
               
Skor  : 8

*        Sebuah sumber tegangan 12 volt dipasang pada rangkaian listrik dengan lampu yang memiliki hambatan 9 Ohm, berapa kuat arus yang mengalir pada rangkaian ?
Kunci :
                Diketahui                : V  = 12 V
                                                  R  = 9 Ohm
                Ditanya   : I    = ..... ?
                Jawab     :
               
Skor        : 5
*        Hitunglah hambatan pengganti untuk tiga buah resistor 4, 6, dan 3 jika resistor dirangkai :
a.     seri
b.     paralel
Kunci      : Diketahui              : R1          = 4
                                                  R2          = 6
                                                  R3          = 3
                  Ditanya : a. Rp      = ........?
                                                  b. Rs      = ........?
                  Jawab   :
  1. Rp  =  R1  +  R2  +  R3
      =  4  +  6  +  3
      =  13 
 
a.
 
               
Skor        : 8


*        Berapa arus yang mengalir dalam rangkaian ?
Kunci      : Diketahui              :







                                                                                                                                                                                Yogyakarta,  12 Juli 2010
                           Mengetahui                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta




                     Margono, S.Pd, MM                                                                                                                      Djiyarto, S.Pd
              NIP. 19641005 198501 1 001                                                                                                                  NBM. 998048
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 3)

Nama Sekolah       : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran       : IPA ( fisika )
Kelas / semester   : IX / Ganjil

Standar Kompetensi                     :3. Memehami konsep Kelistrikan dan penerapannya dalam             kehidupan sehari- hari.
Kompetensi Dasar                         : 3.3.  Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR :
1.     Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
2.     Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
3.     Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
ALOKASI WAKTU :                     x  45 menit (          jam pelajaran)
A.     TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah melakukan diskusi informasi, melakukan pengamatan langsung diharapkan siswa dapat :
1.     Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
2.     Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
3.     Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
B.     MATERI POKOK PEMBELAJARAN.
1.     Arus Listrik
C.     METODE PEMBELAJARAN.
1.     Diskusi informasi dengan media audio visual.
D.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.     Kegiatan Pendahuluan
a.     Motivasi dan Apresiasi
*        Guru menanyakan pada siswa contoh-contoh sumber tegangan.
b.     Prasyarat Pengetahuan
*        Siswa diberi pertanyaan apa yang dimaksud dengan potensial listrik ?
*        Siswa diberi pertanyaan tentang apa beda rangkaian seri dan rangkaian paralel ?

2.     Kegiatan inti
a.     Guru mengajak siswa untuk menggali informasi melalui  studi pustaka untuk menemukan teori tentang gaya gerak listrik, susunan elemen listrik dan cara kerja elemen listrik.
b.     Mempraktikkan rangkaian listrik untuk mencari perbedaan antara Gaya gerak listrik dan tegangan jepit.
3.     Kegiatan Penutup
a.     Guru memberikan latihan soal dan pekerjaan rumah berdasarkan materi yang telah disampaikan.
E.     SUMBER BELAJAR.
1.     Budi Purwanto dan Arinto Nugroho, IPA Ilmu Alam dan sekitarnya 3, Tiga Serangkai
Program video pendidikan sekolah, Pustekom.
F.     PENILAIAN HASIL BELAJAR.
1.     Teknik Penilaian.
*        Tes Tertulis
2.     Bentuk Instrumen.
*        Esay
3.     Contoh Istrumen.
*        Mengapa tegangan jepit suatu rangkaian selalu lebih kecil daripada GGL  ?
Kunci : Karena hambatan luar dari rangkaian mengurangi besarnya beda potensial antara kutub-kutub sumber tegangan.
Skor : 3
*        Sebuah baterai 1,5 V digunakan untuk menyalakan lampu pijar, pada rangkaian sederhana itu dilengkapi pula dengan sebuah voltmeter. Ketika lampu menyala, voltmeter menunjukkan angka 1,4V. Berapakah tegangan jepit rangkaian tersebut ?
Kunci            : 1,4 Volt.
Skor              : 2
                                                                                                                                                                                                    
                                                                                                                                                                                Yogyakarta,  12 Juli 2010
                           Mengetahui                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta



                     Margono, S.Pd, MM                                                                                                                      Djiyarto, S.Pd
              NIP. 19641005 198501 1 001                                                                                                               NBM. 998048

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 4)


Nama Sekolah       : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran       : IPA ( fisika )
Kelas / semester   : IX / Ganjil
Alokasi Waktu       : 6  X  40 Menit (  6   Jam Pelajaran)

Standar Kompetensi                           : 3. Memehami konsep Kelistrikan dan penerapannya dalam             kehidupan sehari- hari.
Kompetensi Dasar                               : 3.4. Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR :
1.     Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
2.     Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
3.     Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
4.     Menunjukkan perubahan energi listrik   menjadi  energi bentuk lain
5.     Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah melakukan diskusi informasi tentang hubungan energi dan daya listrik, siswa melakukan pengamatan langsung diharapkan siswa dapat :
1.     Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan dengan tepat.
2.     Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
3.     Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
4.     Menunjukkan perubahan energi listrik   menjadi  energi bentuk lain
5.     Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
B.     MATERI POKOK PEMBELAJARAN.
1.     Energi dan Daya listrik
C.     METODE PEMBELAJARAN.
1.     Diskusi informasi dengan media audio visual.
2.     Demonstrasi
D.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.     pertemuan Pertama
a.     Kegiatan Pendahuluan
*        motivasi dan apresiasi
a.     guru menanyakan tentang macam-macam energi yang ada di sekitar kita
b.     guru memberi motivasi pada siswa tentang betapa pentingnya mempelajari tentang energi dan daya listrik sehingga siswa dapat mencari langkah-langkah penghematan energi.
*        prasyarat pengetahuan
siswa diberi pertanyaan :
a.     apa yang dimaksud dengan energi ?
b.     sebutkan macam macam energi yang ada di sekitar kita.
b.     Kegiatan Inti
*        Siswa membentuk kelompok belajar dengan bimbingan guru.
*        Siswa melihat tayangan melalui audio visual tentang materi energi dan daya listrik.
*        siswa mendiskusikan materi yang telah dilihat melalui audio visual.
*        Dibawah bimbingan guru, siswa mengkaitkan pelajaran tentang energi listrik dengan kehidupan sehari-hari.
c.     Kegiatan Penutup
*        Bersama guru, siswa menarik kesimpulan tentang energi listrik.
*        Guru memberikan soal-soal latihan yang berkaitan dengan energi listrik dan persamaan
2.     pertemuan Kedua
a.     Kegiatan Pendahuluan
*        Motvasi dan apresiasi
1.     Guru menanyakan kembai tentang pengertian energi dan daya listrik.
2.     Guru memberi pertanyaan berkenaan dengan persamaan energi
*        Prasyarat pengetahuan
Siswa diberi Pertanyaan
1.     Bagaimana persamaan energi listrik ?
b.     Kegiatan Inti
*        Guru memberi informasi tentang hubungan antara energi listrik dengan daya listrik.
*        Guru menginformasikan tentang persamaan energi listrik
*        Dengan bimbingan guru, siswa mencari turunan dari persamaan  yang dihubungkan dengan hukum Ohm
*        Guru memberikan latihan soal berkenaan dengan energi dan daya listrik.
c.     Kegiatan Penutup
*        Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.
*        Guru memberikan pekerjaan rumah berkenaan materi yang disampaikan.

3.     Pertemuan Ketiga
a.     Kegiatan Pendahuluan
*        Motvasi dan apresiasi
1.     Guru menanyakan kembai tentang pengertian energi dan daya listrik.
2.     Guru memberi pertanyaan berkenaan dengan persamaan energi ,  .
3.     Guru menekankan pentingnya penghematan energi.
*        Prasyarat pengetahuan
Siswa diberi Pertanyaan
1.     Bagaimana hubungan antara energi listrik, daya listrik dan waktu ?
b.     Kegiatan Inti
*        Guru memberi mengajak siswa berdiskusi tentang pentingnya penghematan energi.
*        Guru menjelaskan pada siswa cara menghitung besarnya biaya listrik yang digunakan pada sebuah rumah tangga.
*        Guru memberikan soal tentang penghitungan biaya listrik sebuah rumah tangga tiap bulan.
c.     Kegiatan Penutup
*        Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.
*        Guru memberikan pekerjaan rumah berkenaan materi yang disampaikan.
E.     SUMBER BELAJAR.
        1.   Mikrajudiddin, saktiyono dkk, IPA Terpadu smp dan mts, esis(halaman : 253)
        2.   Panduan fisika untuk kelas 3 smp, yudistira
        3.   Program video pendidikan sekolah, Pustekom.

F.     PENILAIAN HASIL BELAJAR.
1.     teknik penilaian :
*        tes tertulis
2.     bentuk instrumen:
*        Isian dan Pilihan Ganda
3.     Contoh Instrumen :
*        Intrumen Tes Isian :
1.     Sebutkan bentuk-bentuk energi hasil perubahan dari energi liatrik, serta contoh alat rumahtangga yang mengubah energi tersebut !
Kunci      : 1. energi listrik menjadi kalor (panas), contoh setrika listrik.
                    2. energi listrik menjadi energi gerak, Contoh kipas angin
                    3.energi listrik menjadi energi kimia, Contoh proses pengisian accumulator
Skor                : 3
2.     Sebuah Pemanas listrik di celupkan ke dalam bejana berisi 0,5 kg air. Pemans dihubungkan ke Listrik PLN 220 v 2,5 A selama 10 menit. Berapakah energi listrik yang digunakan ?
Jawab :
W       =  v . i . t
           =  220  .  2,5  .  600
           = 330 000 Joule
           = 330 kJ

 
Kunci  :
Diketahi :        m     = 0,5 kg
                        V      = 220 volt
                        I       = 2,5 A
                        T      = 10 menit = 600 skon
Ditanyakan :   W    = .........?
Skor    : 5

3.     Bagaimana cara menghemat energi listrik ?
Kunci  :   1. memakai alat listrik yang berdaya kecil
                        2. mematikan alat listrik yang tidak digunakan.
 Skor    :  2
*        Instrumen Tes Pilihan Ganda :
1.     Setrika Listrik memiliki daya 300 Watt. Bila setrika dipakai 3 jam / hari, maka energi listrik yang dipakai oleh setrika listrik selama 1 (30 hari) bulan adalah :
d.     972.105 J                                                                     c. 720 J
e.     9 720 000 J                                                                 d. 27 J
Kunci                      : a                                                                                                                            Skor:  1
2.     Bagaimana rumusan matematis yang menyatakan hubungan antara tegangan (v), kuat arus (i), dan energi listrik (W) ?
a. w = v x i                              b. V = W x i                             c. I = W x v                             d. W = v x i x t
Kunci      : d                                                                                                                                            Skor   : 1

                                                                                                                                                                                Yogyakarta,  12 Juli 2010
                           Mengetahui                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta



                     Margono, S.Pd, MM                                                                                                                      Djiyarto, S.Pd
                NIP. 19641005 198501 1 001 NBM. 998048















Tidak ada komentar:

Posting Komentar