RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 1)
Nama Sekolah : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran : IPA ( fisika )
Kelas / semester : IX / Ganjil
Standar Kompetensi :3. Memehami konsep Kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari.
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR :
1. Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
2. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
3. Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
4. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik
ALOKASI WAKTU : x 45 menit ( jam pelajaran)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah melakukan diskusi informasi, melakukan pengamatan langsung diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
2. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
3. Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
4. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik
B. MATERI POKOK PEMBELAJARAN.
1. Listrik Statis (www.edu2000.org/portal/index.php?option=com_content&task=view&id=293&Itemid=42)
C. METODE PEMBELAJARAN.
a. Diskusi informasi dengan media audio visual.
b. Demonstrasi
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan

a. guru mendemonstrasikan sebuah garis mika yang digosokkan pada rambut kemudian di dekatkan pada potongan kertas.
b. guru memberi motivasi pada siswa tentang pentingnya mempelajari sistem kerja alat-alat yang menggunakan prinsip kerja listrik statis.

Siswa diberi pertanyaan :
a. apa yang dimaksud dengan atom?
b. Apa yang dimaksud dengan partikel sub atomik?
b. Kegiatan Inti




c. Kegiatan Penutup

2. PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan

a. Guru menanyakan materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.

a. siswa paham tentang konsep bahwa dua benda bermuatan jika saling berdekatan akan terjadi interaksi.
b. Kegiatan Inti




c. Kegiatan Penutup

E. SUMBER BELAJAR.
1. Budi Purwanto dan Arinto Nugroho, IPA Ilmu Alam dan sekitarnya 3, Tiga Serangkai
2. Program video pendidikan sekolah, Pustekom.
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR.
1. Teknik penilaian

2. Bentuk instrumen

3. contoh instrumen

Kunci : - muatan negativ (elektron) pada kaca akan berpindah ke kain sutra sehingga kaca akan kehilangan elektron dan kelebihan proton danbermuatan positif.
Skor : 5

Kunci : Diketahui : Q1 = 4 . 10-9 C
Q2 = 9 . 10-9 C
K = 9 . 109 C
r = 2cm = 0,02 m
Ditanya : Fc = .......?
Jawab .


Yogyakarta, 12 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Margono, S.Pd, MM Djiyarto, S.Pd
NIP. 19641005 198501 1 001 NBM. 998048
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 2)
Nama Sekolah : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran : IPA ( fisika )
Kelas / semester : IX / Ganjil
Standar Kompetensi :3. Memehami konsep Kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari.
Kompetensi Dasar : 3.2. Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR :
1. Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
2. Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
3. Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
4. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm)
5. Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
6. Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
7. Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel
ALOKASI WAKTU : x 45 menit ( jam pelajaran)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah melakukan diskusi informasi, melakukan pengamatan langsung diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
2. Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
3. Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
4. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm)
5. Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
6. Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
7. Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel
B. MATERI POKOK PEMBELAJARAN.
1. Listrik Dinamis
C. METODE PEMBELAJARAN.
1. Diskusi informasi dengan media audio visual.
2. Demonstrasi
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan

a. Guru menanyakan materi sebelumnya, tentang listrik statis.
b. Guru menanyakan tentang kenapa lampu listrik dapat menyala.

a. pengertian tentang elektron.
b. Kegiatan Inti



c. Kegiatan Penutup


2. . PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan

a. Guru menanyakan materi sebelumnya, tentang kuat arus listrik.

a. pengertian tentang kuat arus dan beda potensial.
b. Kegiatan Inti






c. Kegiatan Penutup


E. SUMBER BELAJAR.
1. Budi Purwanto dan Arinto Nugroho, IPA Ilmu Alam dan sekitarnya 3, Tiga Serangkai
2. Program video pendidikan sekolah, Pustekom
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR.
1. Teknik Penilaian

2. Bentuk Instrumen

3. Contoh Instrumen

Kunci :
Diketahui : t = 2 menit = 120 detik
I = 1,5 Ampere
Ditanya : Q = .....?
Jawab .

Skor : 8

Kunci :
Diketahui : V = 12 V
R = 9 Ohm
Ditanya : I = ..... ?
Jawab :

Skor : 5




a. seri
b. paralel
Kunci : Diketahui : R1 = 4

R2 = 6

R3 = 3

Ditanya : a. Rp = ........?
b. Rs = ........?
Jawab :
|
|

Skor : 8


Kunci : Diketahui :
Yogyakarta, 12 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Margono, S.Pd, MM Djiyarto, S.Pd
NIP. 19641005 198501 1 001 NBM. 998048
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 3)
Nama Sekolah : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran : IPA ( fisika )
Kelas / semester : IX / Ganjil
Standar Kompetensi :3. Memehami konsep Kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari.
Kompetensi Dasar : 3.3. Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR :
1. Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
2. Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
3. Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
ALOKASI WAKTU : x 45 menit ( jam pelajaran)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah melakukan diskusi informasi, melakukan pengamatan langsung diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
2. Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
3. Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
B. MATERI POKOK PEMBELAJARAN.
1. Arus Listrik
C. METODE PEMBELAJARAN.
1. Diskusi informasi dengan media audio visual.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi dan Apresiasi

b. Prasyarat Pengetahuan


2. Kegiatan inti
a. Guru mengajak siswa untuk menggali informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang gaya gerak listrik, susunan elemen listrik dan cara kerja elemen listrik.
b. Mempraktikkan rangkaian listrik untuk mencari perbedaan antara Gaya gerak listrik dan tegangan jepit.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan latihan soal dan pekerjaan rumah berdasarkan materi yang telah disampaikan.
E. SUMBER BELAJAR.
1. Budi Purwanto dan Arinto Nugroho, IPA Ilmu Alam dan sekitarnya 3, Tiga Serangkai
Program video pendidikan sekolah, Pustekom.
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR.
1. Teknik Penilaian.

2. Bentuk Instrumen.

3. Contoh Istrumen.

Kunci : Karena hambatan luar dari rangkaian mengurangi besarnya beda potensial antara kutub-kutub sumber tegangan.
Skor : 3

Kunci : 1,4 Volt.
Skor : 2
Yogyakarta, 12 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Margono, S.Pd, MM Djiyarto, S.Pd
NIP. 19641005 198501 1 001 NBM. 998048
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 4)
Nama Sekolah : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran : IPA ( fisika )
Kelas / semester : IX / Ganjil
Alokasi Waktu : 6 X 40 Menit ( 6 Jam Pelajaran)
Standar Kompetensi : 3. Memehami konsep Kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari.
Kompetensi Dasar : 3.4. Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR :
1. Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
2. Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik, dan satuannya (kWh dan Joule)
3. Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
4. Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain
5. Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah melakukan diskusi informasi tentang hubungan energi dan daya listrik, siswa melakukan pengamatan langsung diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan dengan tepat.
2. Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik, dan satuannya (kWh dan Joule)
3. Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
4. Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain
5. Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
B. MATERI POKOK PEMBELAJARAN.
1. Energi dan Daya listrik
C. METODE PEMBELAJARAN.
1. Diskusi informasi dengan media audio visual.
2. Demonstrasi
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan

a. guru menanyakan tentang macam-macam energi yang ada di sekitar kita
b. guru memberi motivasi pada siswa tentang betapa pentingnya mempelajari tentang energi dan daya listrik sehingga siswa dapat mencari langkah-langkah penghematan energi.

siswa diberi pertanyaan :
a. apa yang dimaksud dengan energi ?
b. sebutkan macam macam energi yang ada di sekitar kita.
b. Kegiatan Inti




c. Kegiatan Penutup



2. pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru menanyakan kembai tentang pengertian energi dan daya listrik.
2. Guru memberi pertanyaan berkenaan dengan persamaan energi 


Siswa diberi Pertanyaan
1. Bagaimana persamaan energi listrik ?
b. Kegiatan Inti






c. Kegiatan Penutup


3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru menanyakan kembai tentang pengertian energi dan daya listrik.
2. Guru memberi pertanyaan berkenaan dengan persamaan energi
,
.


3. Guru menekankan pentingnya penghematan energi.

Siswa diberi Pertanyaan
1. Bagaimana hubungan antara energi listrik, daya listrik dan waktu ?
b. Kegiatan Inti



c. Kegiatan Penutup


E. SUMBER BELAJAR.
1. Mikrajudiddin, saktiyono dkk, IPA Terpadu smp dan mts, esis(halaman : 253)
2. Panduan fisika untuk kelas 3 smp, yudistira
3. Program video pendidikan sekolah, Pustekom.
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR.
1. teknik penilaian :

2. bentuk instrumen:

3. Contoh Instrumen :

1. Sebutkan bentuk-bentuk energi hasil perubahan dari energi liatrik, serta contoh alat rumahtangga yang mengubah energi tersebut !
Kunci : 1. energi listrik menjadi kalor (panas), contoh setrika listrik.
2. energi listrik menjadi energi gerak, Contoh kipas angin
3.energi listrik menjadi energi kimia, Contoh proses pengisian accumulator
Skor : 3
2. Sebuah Pemanas listrik di celupkan ke dalam bejana berisi 0,5 kg air. Pemans dihubungkan ke Listrik PLN 220 v 2,5 A selama 10 menit. Berapakah energi listrik yang digunakan ?
|
Diketahi : m = 0,5 kg
V = 220 volt
I = 2,5 A
T = 10 menit = 600 skon
Ditanyakan : W = .........?
Skor : 5
3. Bagaimana cara menghemat energi listrik ?
Kunci : 1. memakai alat listrik yang berdaya kecil
2. mematikan alat listrik yang tidak digunakan.
Skor : 2

1. Setrika Listrik memiliki daya 300 Watt. Bila setrika dipakai 3 jam / hari, maka energi listrik yang dipakai oleh setrika listrik selama 1 (30 hari) bulan adalah :
d. 972.105 J c. 720 J
e. 9 720 000 J d. 27 J
Kunci : a Skor: 1
2. Bagaimana rumusan matematis yang menyatakan hubungan antara tegangan (v), kuat arus (i), dan energi listrik (W) ?
a. w = v x i b. V = W x i c. I = W x v d. W = v x i x t
Kunci : d Skor : 1
Yogyakarta, 12 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Margono, S.Pd, MM Djiyarto, S.Pd
NIP. 19641005 198501 1 001 NBM. 998048
Tidak ada komentar:
Posting Komentar